Subscribe to Blognya Bu Daryanti Subscribe to Blognya Bu Daryanti's comments

KD II KULIAH KE I dan II

MODUL MATA KULIAH MSDM

BAB III

LEMBAGA PASAR KERJA

  1. A. Konsep Lembaga Pasar Kerja

Menurut Arfida (2003:202) konsep pasar kerja tidak jauh berbeda dengan konsep dasar pasar barang dan modal. Inti konsep tersebut adalah bahwa setiap pasar selalu mempunyai pembeli dan penjual. Demikian pula dengan pasar kerja; pembelinya adalah para pengusaha/produsen/majikan, sedangkan penjualnya adalah para tenaga kerja yang mencari pekerjaan.

Dewasa ini banyak dijumpai para pembeli dan penjual dipasar kerja terutama dinegara-negara sedang berkembang seperti Indonesia. Oleh karena itu keputusan yang terjadi dipasar kerja sangat dipengaruhi oleh kondisi dan tingkah laku dari para pembeli dan penjual lainnya. Contoh seorang pengusaha baru akanĀ  menaikkan upah pekerjanya jika perusahaan-perusahaan lain yang sejenis juga melakukan hal yang sama.

Jadi jelas bahwa pasar kerja merupakan seluruh aktivitas dari para pelaku yang tujuannya adalah mempertemukan pencari kerja dan lowongan kerja. Sifat dari pasar kerja itu sendiri ditentukan oleh para pelaku tersebut. Misalnya suatu instansi pemerintah memerlukan tenaga kerja sebagai pengganti pensiun, maka akan dilaksanakan pembukaan lowongan kerja diseluruh Negara yang bersangkutan. Keadaan ini menimbulkan adanya pasar kerja yang sifatnya nasional. Akan tetapi apabila seorang pengusaha membutuhkan tenaga kerja pengetik maka ia akan dengan mudah mencari diwilayah sekitar tempat berusaha. Keadaan ini menyebabkan adanya pasar kerja lokal.

file bisa diambil disini BAGIAN II